Rabu, 22 Juli 2009

Senam Stretching dan Berenang Membantu Penyembuhan Scoliosis

Dari hasil konsultasi dengan dokter spesialis ortopedi semalam, saya mendapat info yang berharga sekaligus melegakan. Untuk mengatasi scoliosis yang "tidak parah", ternyata tidak perlu harus therapy massage, senam yoga, or even get a surgery (yaikkss!!). Menurut dr. Teddy, rasa sakit pada scoliosis adalah disebabkan karena otot yang tertarik oleh tulang yang bengkok. Ketika kondisi fisik sedang 'drop', otot-otot yang tertarik akan mengakibatkan rasa sakit pada penderita scoliosis. Untuk mengatasinya, maka kita harus melatih otot-otot punggung tersebut agar menjadi lebih kuat dan flexible.
Caranya?

Menurut dr. Teddy lagi, cara untuk melatih otot-otot punggung yang paling efektif adalah dengan melakukan senam stretching dan berenang dengan gaya bebas. Dua olahraga ringan ini diyakini akan membantu kita menjadi lebih fit dan otot-otot kita menjadi lebih kuat sehingga mampu mengatasi rasa sakit yang pada suatu saat menyerang. Satu lagi saran yang cukup bagus adalah, usahakan jangan duduk berdiam pada satu posisi pada waktu yang cukup lama. Setelah duduk dua jam, cobalah berdiri dan lakukan senam stretching ringan di dekat meja kerja anda. Hal ini akan mengurangi resiko otot-otot kaku yang biasanya memicu serangan rasa sakit pada tulang.

Memang untuk sembuh dalam arti "tulang yang bengkok akan kembali lurus" adalah tidak mungkin (kecuali melalui operasi besar dengan biaya yang sangat mahal). Tetapi kalo kelainan ini tidak membuat kita sakit, paling tidak itu hampir sama artinya dengan "sembuh". Tidak sakit = sembuh, khan? So, let's get stretch dan swim, brrrrrr !!!

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Hi! The post is very good and your blog also is very good. That’s why we’d like to invite you to join the service www.LinkFromBlog.com – the place where you earn money just for writing in your blog. Visit the site and find more detailed information there. Your blog should work for you and it is very simple!! The best of luck!

Juna Serizawa mengatakan...

i'll think about it..!!
thanks anyway..!!

Pengobatan Quantum mengatakan...

Nice info Gan..

Keep the spirit.

Anonim mengatakan...

Senam stretching bgmn yg boleh

Anonim mengatakan...

Senam stretching bgmn yg boleh

Unknown mengatakan...

Brpa drajat skoliosisnya ?