Senin, 04 Mei 2009

Temulawak Membantu Penyembuhan Hepatitis B

Satu lagi tanaman atau bahasa kerennya 'herbal' yang tanpa kita sadari mempunyai manfaat yang cukup penting bagi kesehatan kita, Temulawak. Saya (dan mungkin anda juga) sering minum jamu temulawak. Rasanya manis-manis pahit, namanya juga jamu. Ibu saya bilang jamu ini bagus buat daya tahan tubuh, buat mencegah sariawan, bagus juga buat pencernaan, terus juga menambah nafsu makan, dan seterusnya, dan seterusnya. Dan ternyata tanaman ini juga bisa lho membantu pemyembuhan penyakit yang cukup gawat, Hepatitis B. Masa sih?

Temulawak diyakini bermanfaat untuk melindungi 'hati' manusia. Ternyata, tanaman yang satu ini juga bermanfaat dalam membantu penyembuhan penyakit hepatitis B. Temulawak memang tidak bisa menyembuhkan hepatitis B, sebab tanaman ini tidak berfungsi membunuh virus hepatitis B. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa temulawak membuat fungsi hati menjadi lebih baik, sehingga pada akhirnya dapat membantu penyembuhan hepatitis B.

Hepatitis B memang merupakan penyakit yang berbahaya. Di Indonesia, prevalensi penyakit ini menunjukkan angka 11,6 persen. Artinya 1 dari 20 penduduk Indonesia mengalaminya. Bahkan seorang ahli menyatakan penyakit ini 100 kali lebih berbahaya dibanding HIV/AIDS. Penyakit ini bisa menular melalui darah, ludah, sperma, ASI, urine, air mata, dan keringat. Hepatitis juga bahkan bisa ditularkan dari ibu ke bayi yang sedang dikandungnya. Serem juga ya?

So, kayanya penting sekali untuk menjaga 'hati' kita dari penyakit 'gawat' yang satu ini. Dan ternyata salah satu caranya sederhana sekali. Rajin rajin aja minum jamu temulawak. Selain murah, mudah didapat, juga seger banget kalo diminum pake es seperti yang biasa saya lakukan. Jadi, tunggu apalagi? minumlah jamu temulawak as soon as you finish reading this articles. Oke, Bro ??

3 komentar:

armouris mengatakan...

info tentang hepatitis kat sini - Protect Your Child's Liver From Hepatitis dan sini - Curbing Hepatitis A

Rully Taraka mengatakan...

thanks 4 stoping by..

uno mengatakan...

its very nice article..good job