Minggu, 10 Mei 2009

Sehat dan Bugar dengan Bersepeda

Sehat? Siapa sih yang gak mau sehat. Sehat itu penting banget. Kalau anda banyak duit tapi badan sakit-sakitan, tetep aja anda gak bisa menikmati duit anda itu khan? Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita. Tapi sebenernya simple aja kok. Pak dokter bilang, kalo mau sehat anda harus : Makan minum yang cukup, Istirahat yang cukup, dan Olahraga. Nah untuk poin yang terakhir itu, saya sering dengar temen-temen saya bilang kalo mereka gak punya waktu buat olahraga. Wah, sampe segitu sibuknya ya? Sebenernya ada gak sih olahraga yang mudah murah dan gak makan banyak waktu sekaligus fun? Kali ini saya mau menulis tentang salah satu olahraga favorit saya, Bersepeda.

Selain jalan kaki dan jogging, bersepeda bisa dijadikan salah satu alternatif olahraga yang murah meriah. Selain murah dan mudah, bersepeda ternyata banyak manfaatnya.

1. Bersepeda sangat efektif membakar kalori, sehingga membantu anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Berapa banyak jumlah kalori, tergantung dari berapa lama dan berat anda bersepeda. Seorang Instruktur Olahraga mengatakan "Jika gaya anda tergolong santai, bersepeda 45 hingga 60 menit sudah bisa membakar sekitar 300 hingga 350 kalori" Kalo lebih semangat lagi, satu jam bisa lho membakar 500 hingga 750 kalori. Hebat khan?

2. Memperbaiki peredaran darah dan metabolisme. Dengan rutin bergerak, peredaran darah pun menjadi lebih lancar dan metabolisme menjadi lebih baik. Keringat yang anda keluarkan pun membuang aneka toksin dari tubuh.

3. Melatih jantung dan paru-paru. Bersepeda juga termasuk olahraga kardio. Artinya anda bisa melatih jantung dan paru-paru agar bisa bekerja optimal dan dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem kardiovaskuler.

4. Melatih banyak otot. Bersepeda membuat otot paha depan dan belakang terlatih. Juga menguatkan persendian lutut dan tulang-tulang kita.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh (endurance). Dengan olahraga ini tubuh anda akan jadi lebih kuat, flexible dan fit. Jadinya gak mudah sakit.

Tuh, banyak manfaatnya khan? belom lagi kalo pas hari minggu bersepeda di alun alun, wah bisa sekalian cuci mata, bro. Banyak cewe-cewe sehat nan cakep yang berkeliaran. Siapa tau bisa dapet temen baru, ya nggak?

So, tunggu apa lagi, Jangan mantengin PC aja, nyari dollar emang penting, tapi jangan lupa olahraga. Oke? Mari bersepeda !!

Tidak ada komentar: