Jumat, 10 Oktober 2008

Tips Meningkatkan Traffik dan Alexa Rank pada Blog

Setelah berkelana kian kemari dalam usaha saya untuk meningkatkan ilmu per-blogging-an. Ada satu pencerahan yang ingin saya bagi dengan anda yang mungkin sengaja berkunjung ke blog saya yang sederhana ini, juga kepada anda yang mungkin kesasar ke tempat ini. Yaitu mengenai Alexa.

Anda pasti kenal dengan Alexa, right? yang nyanyiin lagu 'Dewi'? eits, bukan yang itu!! Alexa yang satu ini, adalah alexa rank. Kalo menurut bahasa saya, alexa rank ini mengukur tingkat kunjungan blog kita. Jadi makin rame traffic blog kita maka alexa rank kita makin baik. Tapi kebalikan dari Google Pagerank, yang makin naik makin baik. Kalo alexa rank ini, makin menurun semakin baik. Jadi kalo awal mula kita bikin blog, nilai alexa rank kita bakal sangat tinggi. Bisa sampai 10juta (ga tau deh gimana ngukurnya!?). Seiring dengan semakin banyaknya isi blog kita, hopefully makin banyak pula orang-orang yang berkunjung ke blog kita, yang berarti traffic-nya naik (dengan catatan optimalisasi SEO kita juga bagus ,but it's another story). Nah, kalo traffic kita naik, alexa rank kita bakal turun (which is a good thing!!). Semakin cepat turunnya semakin baik buat blog kita. Nah, ini yang susah. Masalahnya adalah bagaimana caranya supaya alexa rank kita semakin cepat turun?

Sebenernya gak susah-susah amat kok. Dari beberapa blog tempat saya mencari ilmu, saya merangkum beberapa cara simple yang cukup efektif buat 'menjatuhkan' alexa rank ini dengan lebih cepat. Antara lain :

- Install Sparky alexa toolbar. Toolbar ini lebih cocok dengan browser mozilla firefox dan dikenal dengan nama Sparky ‘The Alexa Toolbar for Firefox. Kita bisa langsung melihat Alexa Rank dari blog atau web yang kita kunjungi pada pojok bawah browser firefox. Try it..Get Sparky here!

- Pasang alexa widget di blog kamu. Biasanya sih di sidebar. Gak susah kok, tinggal masuk ke alexa.com trus daftarin blog, ntar dapet script buat widget-nya, co-pas di blog kamu, udah deh. Gampang khan, tapi ternyata banyak yang gak 'ngeh' loh. Blog yang masang widget ini, ternyata lebih cepet diupdate rank-nya ama alexa dibanding yang gak masang. It's true.. kalo ga percaya buktiin sendiri deh..

- Gunakan Redirect pada link yang menuju pada blog kita. Contoh : http://redirect.alexa.com/redirect?de-review-holic.blogspot.com. Silahkan ganti tulisan URL blog saya dengan URL(alamat) dari web/blog yang kamu inginkan. gunakan alamat redirect ini pada setiap kesempatan, misalnya pada signature email maupun siganture forum yang telah kamu ikuti.

- Buat artikel atau postingan yang berhubungan dengan optimasi Alexa Rank. Artikel-nya ya seperti yang sedang kamu baca ini. Jangan lupa kasih link ke Alexa untuk keyword Alexa-nya.

- Rajin posting. Kalo yang ini memang tergantung kita-nya yah. Makanya kalo mo blogging, terutama blog 4 biznis, anda harus niat. Jangan setengah-setengah. Jangan males posting. Emang sih kadang susah nyari konten yang bagus dan bermutu. Jadinya posting seminggu sekali.Wah, saya jamin alexa anda bakal stay on top lebih lama, bakal berjuta-juta lebih lama, and it's bad 4 the blog. So, keep posting, guys !!

- Blogwalking and ninggalin jejak. Cara yang satu ini sebenarnya adalah cara buat nyari backlinks, yang mana sangat baik buat naekkin Pagerank kita. Tapi sebenernya dengan komen di blog orang, dan ninggalin jejak (URL) akan memancing orang tersebut untuk datang ke blog kita. Entah sekedar ngintip, or pengen tau aja, tapi yang jelas traffic kita bakalan naek juga dong. Yang berarti baek juga buat Alexa rank kita.

- Bergabung dengan milis atau forum-forum. Jangan lupa untuk mencantumkan signature yang didalamnya terdapat link website kita.

Nah itu dia. Sebenernya masih banyak sih cara-cara laennya. Tapi intinya ya gimana cara kita naekkin traffic. Traffic naek berarti alexa turun. Gitu, bro. Btw, saya disini cuman sharing aja, bukan nge-gurui or sok pinter. Karena kalo anda liat alexa rank saya juga masih berjuta-juta. So, mari kita coba bareng-bareng. Mo balapan? ayok!!

Kalo ada yang mo nambahin, boleh kok. Komen aja di bawah... oke..

3 komentar:

Anonim mengatakan...

siip lah

Anonim mengatakan...

thanks 4 the tips

Anonim mengatakan...

tips yang bagus, bro..
traffic..traffic...