Selasa, 19 Agustus 2008

Nutrisi Pada Usia Emas Anak Kita

Usia emas terjadi di sepanjang tahun kehidupan anak, dimulai dari inisiasi menyusu dini (IMD) dengan ASI sebagai satu-satunya nutrisi terbaik. Nutrisi usia reptilian brain adalah sentuhan, pengayaan khasanah panca indera anak, tawa seorang ibu, candaseorang ayah, gelitik kasih mesra keduanya. Perkenalan sayur dan buah sebagai karbohidrat terbaik dimulai dari bentuk cair (sebagai sari buah / sayur) hingga bentuklumat, setengah padat, dan bentuk layak kunyah. Bukan susu hewan.

Nutrisi mamalian brain dan masa pengembangan area gestalt anak menjelang sebelum masuk SD adalah gerak. Olah raga dapat meningkatkan fungsi otak secara keseluruhanmelalui aktivasi Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF) untuk memperbaiki, danmencetuskan perkembangan sel-sel syaraf yang baru di otak. Pada saat sel otot membutuhkan asam amino dari makanan kaya protein, sel-sel saraf di otak membutuhkan DHA (bagian dari omega 3) yang bekerja sama dengan BDNF untuk performa prima saraf maupun fungsi otak. Ini semua adalah persiapan seorang anakmemasuki perkembangan otak logik yang baru dimulai pada usia 7 tahun.

Salah satu yang tidak kalah penting dalam nutrisi di usia 4,5 - 7 tahun adalahmemberi jalur ekspresi pada anak, agar dia mampu mengedepankan apa yang dirasakannya.Biarkan dia tertawa ngakak, melukis dengan jari atau mempersembahkan kado ulangtahun hasil kreasinya.
Perkenalkan berbagai sayur lalap dengan lauk pauk yang semakin bervariasi. Bukan biskuit yang membuatnya mimpi menjadi gajah terbang atau cairan kuningyang identik dengan sari jeruk, seakan akan jeruk sungguhan sudah punah dariplanet bumi. Dia akan menjadi anak yang sangat tidak rasional ketika usiaperkembangan otak logiknya tiba.

Apa rahasia peningkatan kecerdasan anak? Semua ada di tangan ayah bundanya.Pemahaman mendalam tentang bagaimana tumbuh kembang anak yang wajar dan alamiah,serta memberikan kepada anak apa yang menjadi haknya. Dia akan menjadi anak yang paling beruntung, paling berbahagia di dunia. Ini kunci keberhasilan hidupnya.

Janganlah terlalu memaksakan anak anda untuk menjadi seperti Einstein. Apakah anda tahu ibu Einstein juga akhirnya mengeluarkannya dari sekolah? Masihkah 'kecerdasan' gaya Einstein itu diperlukan? Harusnya anda sudah tahu jawabannya..Good Luck.........

Tidak ada komentar: